Mandi Malam Menyebabkan Rematik, benarkah?

Mandi Malam Menyebabkan Rematik, benarkah?

Terkadang saking asyiknya beraktifitas, seseorang bahkan sampai lupa mandi.Lebih parahnya lagi percaya pada mitos bahwa mandi malam menimbulkan rematik sehingga hanya cuci muka saja,,, :)
Karena Mungkin Anda pernah mendengar pesan Orang-orang tua diwaktu anak-anak, "Jangan mandi malam, nanti kena rematik".


Benarkah demikian?..
Sebenarnya rematik dan mandi dimalam hari itu tidak ada kaitannya, rematik adalah penyakit tersendiri yang buka karena mandi malam.
Rematik adalah penyakit yang mengenai jaringan sendi dan cenderung menahun biasanya mengenai daerah pergelangan kaki, lutut, siku dan pinggang.Dan rematik disebabkan oleh virus, karena proses penuaan atau akibat Cedera Mendadak. Jadi sebenarnya rematik dan mandi dimalam hari itu tidak ada kaitannya, dan rematik bukan karena mandi malam.

Hal ini seperti disampaikan oleh Prof. dr. Handono Kalim, Sp.PDKR selaku Indonesia Rheumatology Association (IRA), kepada ghiboo.com.



"Tak ada kaitannya, itu hanya mitos. Lebih baik tetap mandi malam daripada tidak sama sekali," ungkapnya dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.
Pakar rematik tuh yang bilang, jadi jangan kambig hitamkan mandi malam sebagai penyebab rematik.Kalau memang harus mandi ya mandi saja walaupun iotu sudah malam, cumaaaa.....
Prof. Handono menjelaskan bahwa air atau udara dingin (seperti AC) dapat menyebabkan saraf mengerut, sehingga memicu ambang kepekaannya menurun.
"Karena kepekaannya menurun, saat terkena rangsangan sedikit saja akan menimbulkan rasa nyeri," jelasnya.

Jadi mandi air hangat saja deh kalau malam hari, agar lebih nyaman dikulit.Mandi air hangat dimalam hari bisa mengendurkan urat, dijamin tidur malamnya akan lebih pulas. 


Baca Juga: